Minggu, 26 Mei 2019

Prediksi Turunnya Lailatul Qadar Menurut Imam Al Ghazali




Menindaklanjuti postingan terdahulu tentang Malam Seribu Bulan di Kota Martapura, kali ini saya bakal membahas prediksi jatuhnya lailatul qadar. Kita tau lailatul qadar merupakan malam keberkahan yang lebih baik dari seribu bulan yang biasanya jatuh pada 10 malam terakhir bulan ramadhan, namun kita tidak mengetahui secara pasti kapan itu. Bisa saja malam 21 atau mungkin 26 bahkan juga bisa jadi malam ke-30 dan hal itu tidak menutup kemungkinan. Lantas bagaimana kita mengetahui kapan pastinya malam tersebut terjadi. Menurut riwayat Rasulallah yang diambil dari Tagar News ciri-ciri lailatul qadar ada lima, yang pertama udara dan suasana pagi nampak tenang. Yang kedua matahari cerah tetapi tidak panas. Yang ketiga udara terasa tenang. Yang keempat bulan terlihat separoh dan yang kelima turun pada tanggal ganjil di 10 terakhir bulan ramadhan.

Apabila kita telah menemui ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, maka dapat dipastikan bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar.


“Carilah lailatul qadar pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan.” (HR. Bukhari no.2017)

Kedua hadist di atas mempertegas bahwa lailatul qadar turun di malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan. Lantas kapan hari pastinya? Tentu tiada yang mengetahui kecuali Allah SWT pemegang segala rahasia. Meski demikian, menurut Imam Al Ghazali, lailatul qadar dapat ditentukan dari awal hari pertama puasa, yaitu :

Awal ramadhan hari Senin, maka lailatul qadar jatuh pada malam ke - 21.

Awal ramadhan hari Selasa, maka lailatul qadar jatuh pada malam ke - 27.

Awal ramadhan hari Rabu, maka lailatul qadar jatuh pada malam ke - 29.

Awal ramadhan hari Kamis, maka lailatul qadar jatuh pada malam ke - 25.

Awal ramadhan hari Jumat, maka lailatul qadar jatuh pada malam ke - 27.

Awal ramadhan hari Sabtu, maka lailatul qadar jatuh pada malam ke - 23.

Awal ramadhan hari Minggu, maka lailatul qadar jatuh pada malam ke - 29.


Berhubung awal ramadhan tahun 1440 H jatuh pada hari Senin, maka bisa diprediksikan lailatul qadar turun pada malam ke - 21. Semoga pada malam tersebut kita mengisinya dengan ibadah dan amalan-amalan yang bermanfaat.



#Day(22)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

2 komentar: