Selasa, 14 Mei 2019

Beberapa Kebiasaan di Bulan Ramadhan



Tidak terasa sudah memasuki 10 hari bulan ramadhan. Tinggal menghitung hari sebelum berpisah dengan ramadhan. Kebiasaan dan budaya selama bulan ramadhan akan kita tinggalkan seperti sholat tarawih berjamaah, bangunin orang sahur, ngabuburit, tadarus Alquran dan banyak lagi kebiasaan-kebiasaan bulan ramadhan yang tidak dapat ditemui di bulan-bulan lainnya.

Masih teringat dengan jelas tiap bubar sholat tarawih, saya dan kawan-kawan bergegas menghadang imam tarawih untuk meminta tanda tangan. Padahal sebagian dari kami sholat tarawihnya enggak full alis bolong-bolong. Kalau capek, istirahat sebentar atau makan camilan-camilan yang di beli di warung di dekat musholla. Sungguh momen manis yang tidak bisa dilupakan sampai sekarang.

Kebiasaan-kebiasaan seperti ini kadang bikin kangen dan tidak bisa terulang lagi. Belum lagi tiap 17 ramadhan. Pada malam itu diadakan malam tanglong untuk memperingati turunnya Alquran. Biasanya acara malam tanglong berisi pawai arak-arakan dengan menggunakan kostum yang bermacam-macam dilanjutkan dengan acara bangunin sahur. Sungguh menggembirakan bila dapat menyaksikannya. Nah, kira-kira kebiasaan seperti apa yang ada di tempat kalian?

#Day(10)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

3 komentar: