Sabtu, 04 Mei 2019

Menyambut Ramadhan dengan Surah Al-Fath

Selamat Datang Bulan Ramadhan





Bulan Ramadhan tentu sudah tidak asing lagi bagi kaum muslimin di seluruh dunia, khususnya negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan keampunan, yang mana pada bulan ini seluruh umat islam berbondong-bondong menghidupkannya dengan beramal ibadah. Segala macam amal ibadah dilakukan oleh kaum muslim dalam rangka menghidupkannya, dimulai dari sholat tarawih berjamaah, tadarus Al-Qur'an, sholat tahajud, bersantap sahur serta amal-amal ibadah yang mendatangkan pahala dan keridhoan Allah SWT kepada seluruh umat islam.

Alangkah meruginya diri ini apabila melewatkan bulan yang teramat istimewa, yang membawa keberkahan. Pada bulan ini pula segala macam kebaikan akan dibalas oleh Allah SWT berlipat-lipat ganda dari pada bulan-bulan lainnya. Betapa mulianya bulan Ramadhan dan orang-orang yang menghidupkannya siang dan malam.

Menurut Kitab Senjata Mukmin karangan Almarhum K.H Husin Qadri Martapura, salah satu amalan yang sangat bagus dikerjakan pada malam permulaan bulan Ramadhan adalah membaca Surah Al-Fath sebanyak 3 kali selepas sholat magrib. Barang siapa yang mengerjakannya, Insya Allah dirinya akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala mara bahaya dan musibah selama 1 tahun penuh hingga kembali ia bertemu dengan bulan Ramadhan pada tahun yang akan datang. Selain itu Allah SWT juga akan meluaskan rezekinya yang tidak disangka-sangka dari mana datangnya. Entah melalui orangtua, tetangga, saudara, kerabat ataupun kawan selama 1 tahun penuh.
Nah, dengan fadilat sebanyak itu, apakah kita masih malas mengerjakannya untuk menyambut awal bulan Ramadhan? Tentu tidak, bukan? Mari kita perbanyak amal ibadah selama 1 bulan penuh, tentunya dengan niat untuk mengharapkan keridhoan Allah SWT.


#bianglalahijrah
#onedayonepost30hrdc
#writingchallenge30hrdc
#30hariramadhandalamcerita

11 komentar:

  1. Semoga berkah berpuasanya, amalan2nya banyak terlaksana aamiin. Salam kenal.

    BalasHapus
  2. bulqn yg ditunggu bagi para umat muslim sedunia dan didalamnya banyak hal banyak peristiwa penting yg akan dilalui

    BalasHapus
  3. barakallah, semoga bisa diamalkan

    BalasHapus
  4. Kok aku salfok sama animenya ya 😅😆

    BalasHapus
  5. Kok aku salfok sama animenya ya 😅😆

    BalasHapus
  6. Semoga shaum dan ibadah kita lainnya di bulan Ramadhan ini Allah beri kelancaran. Aamiin yaa Allah.

    BalasHapus
  7. Kok Bisa ada animenya ??? Keren Kakak. Heheh

    Makasih ya kak atas ilmunya.

    Kak Follback ya.

    BalasHapus
  8. Membaca surat Al Fath di malam permulaan bulan Ramadhan? Baru denger. Adakah hadits shahihnya ? Apakah hal tersebut diajarkan dan dilakukan oleh generasi Salafush shalih? Karena jika tidak, rugi sekali kita melakukan amalan yang sama sekali TIDAK dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan para Shahabat.

    Kalau saya boleh memberi saran, ketika menulis, sebaiknya dilihat dan disurvey apakah tulisan kita ini sesuai dengan Qur'an, Sunnah dan pemahaman Salafush Shalih atau tidak. Khawatirnya adalah jika ada orang lain yang melakukan apa yang kita tulis padahal hal tersebut TIDAK dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, maka dosa jariyah akan mengalir kepada kita.

    Afwan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena agama islam memiliki 4 mazhab, mungkin ada yang berbeda pendapat. Dan amalan ini sesuai dengan kitab senjata mukmin yang dikarang oleh K.H Qadri yang sudah termasyur di daerah tempat kami dan diamalkan oleh orang-orang atau masyarakat. Mungkin di sini saya tidak mencantumkam dalil dari qur'an atau sunnah karena belum sempat menanyakan. Namun karena ini adalah bacaan alqur'an entah itu dikerjakan awal bulan ramadhan atau tidak tetap saja mengandung pahala dan kebaikan. Jadi enggak salahnya mengamalkannya, toh membaca Alquran dianjurkan oleh rasulullah.
      Mohon ampun apabila ada tersalah kata

      Hapus
  9. Salfok sama anime 😂

    BalasHapus
  10. Semoga semua amal ibadah kita diterima di bulan penuh berkah ini

    BalasHapus