Kamis, 09 Mei 2019

Tips Sukses Khatam AlQuran 30 Juz Selama Satu Bulan




Terkait artikel terdahulu “Mendulang Ribuan Pahala Dengan Membaca Alquran”, kali ini penulis akan membagikan tips sukses khatam Alquran 30 juz selama satu bulan. Khatam Alquran  30 juz bukanlah hal yang mustahil dilakukan seorang diri, bahkan ada yang 5 kali khatam Alqur’an selama satu bulan, loh! Hebat, bukan?! Kalau orang lain saja bisa, mengapa kita tidak?!

Memang, sih, hal ini bukan perkara yang mudah bagi orang yang belum terbiasa membaca Alqur’an apalagi yang belum pernah sama sekali. 30 juz serasa hanya mampu dilakukan di dalam mimpi, padahal sebenarnya itu tidak, kalau mau berusaha.  Nah, untuk itulah penulis akan membagi tips sukses khatam Alqur’an 30 Juz selama satu bulan.

Hal yang harus dilakukan dan yang paling penting adalah niat. Niat menjadi unsur utama untuk mengerjakan segala sesuatu. Apabila niat tersebut kuat, maka sebesar apapun kendala yang dihadapi pasti akan dilakukan. Jadi di sini anda harus mempunyai niat yang kuat untuk khatam 30 Juz selama satu bulan. Apabila niat anda lemah, maka rasa malas lebih mudah menguasai. Untuk itu anda perlu menyakinkan dalam hati bahwa anda mampu mengkhatamkan Alquran selama satu bulan, khususnya di bulan ramadhan ini.

Kedua, mintalah keluarga, tetangga, teman terdekat ataupun orang yang spesial dalam hidup anda untuk terus mengingatkan dan memberikan semangat agar anda mampu mengkhatamkan Alquran 30 Juz selama satu bulan.

Ketiga, gunakan waktu luang anda untuk membaca Alquran di manapun dan kapan itu. Tentunya di waktu-waktu dan tempat yang memang diperbolehkan membaca Alquran.

Yang terakhir, anda harus punya target berapa lembar yang wajib anda baca setiap hari. Hal ini dimaksud agar membaca Alquran jauh lebih mudah dan ringan dari pada harus anda baca 30 juz dalam satu hari. Selain itu membaca Alquran setiap hari hingga satu bulan meskipun sedikit-sedikit, jauh lebih utama dibandingkan membaca 30 juz dalam sehari kemudian tidak dibaca lagi pada hari-hari berikutnya. Selain meringankan juga memiliki keutamaan yang lebih besar. Berikut salah satu contoh target membaca Alquran yang dapat anda terapkan.



Nah inilah tips yang dapat penulis bagikan. Semoga anda, khususnya penulis sendiri dapat mengerjakan dan mampu mengamalkannya. Selamat mencoba dan semoga sukses!


#Day(5)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

3 komentar: