Selasa, 21 Mei 2019

Harga Cicilan Sebuah Rumah di Surga



Harga cicilan sebuah rumah di surga? Dari judul di atas mungkin kita akan bertanya-tanya, memangnya rumah di surga bisa dicicil? Lantas bayarnya pakai apa? Tentunya pertanyaan itu akan terlontar dari pikiran kita dan kita mengganggap itu adalah hal yang mustahil. Tapi tahu kah kita, hanya dengan mencicil 1000 rupiah per hari kita bisa memiliki sebuah rumah di surga kelak. Dibandingkan mencicil rumah di dunia dengan kisaran paling rendah 300 ratus ribu per bulan, bukankah mencicil rumah di surga jauh lebih murah? Selain itu tanpa bunga juga, loh!

Nah, di sini kita kembali menyaksikan betapa pemurahnya Allah SWT, yang terkadang kita masih saja menuduh Allah pelit, tidak adil dan tidak sayang ketika sebuah musibah menimpa. Ironisnya begitulah manusia, selalu mengeluh dan tidak sabar atas segala pemberian Allah, kecuali hamba-hamba yang diberikan hidayah atasnya.

Lantas bagaimana prosedur cicilan rumah di surga? Prosedurnya sangat gampang, kok. Kita cukup menyisihkan uang minimal 1000 per hari ke dalam sebuah kotak amal yang tersedia di masjid-masjid tentunya disertai dengan niat yang ikhlas. Kalau ada sedikit saja terselip rasa riya dan sombong di hati, maka cicilan tersebut tidak akan berarti alias hangus.

Memang apa dasarnya? Dasarnya bisa kita ambil dari hadist Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah, no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Berdasarkan hadist tersebut dapat kita pahami bahwa dengan ikut membangun masjid meskipun hanya sedikit maka akan Allah bangunkan baginya rumah di surga. Salah satu cara membangun masjid ialah dengan bersedekah atau menginfakkan harta untuk kepentingan masjid.  Harta yang diberikan untuk kepentingan mesjid tersebut sama halnya bahwa kita telah membangun sebuah masjid, maka pahala yang dijanjikan Allah adalah  rumah megah di surga kelak.

Bersedakah tidak perlu banyak-banyak, yang penting ikhlas dan sesuai kemampuan diri. Tidak perlu dipaksakan karena Allah tidak pernah memberatkan hambanya untuk melakukan sebuah kebaikan. Yuk! Kita cicil rumah di surga mulai dari sekarang.




#Day(17)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah



1 komentar:

  1. betapa banyaknya Allah memberi kemudahan termasuk rumah di surga saja bisa dicicil asal satu syaratnya nggak boleh sombong dan riya'

    BalasHapus