Minggu, 10 Januari 2016

MAKALAH "Senam SKJ 2004"

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Pada saat ini olahraga merupakan kebutuhan yang dibutuhkan bagi semua orang. Bahkan sudah termasuk dalam pelajaran wajib di sekolah. Bukan hanya menyehatkan olahraga juga memberikan dampak positif yang banyak sekali bagi tubuh kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai berbagai macam olahraga. Salah satunya adalah senam. Senam merupakan olahraga yang banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Karena, pada saat kita senam kita menggerakan seluruh anggota tubuh kita. Mulai dari kepala, tangan, badan, kaki, otot, dsb. Senam juga telah diakui di dunia perolahragaan dan juga sudah di ikutkan di dalam acara-acara besar seperti SAE GAMES, ASIAN GAMES, bahkan OLIMPYADE. Sehingga tidak jarang anak kecil sudah di didik sejak dini dalam menekuni senam agar bisa menjadi pesenam yang handal. Tetapi senam bukan hanya bisa di buat lomba tapi juga di buat untuk kegiatan yang menyehatkan. Karena waktu kita melaksanakan senam otot-otot kita dipaksa untuk bekerja.
Di Indonesia, biasanya senam dilakukan secara massal dan diiringi dengan musik atau lagu berirama yang biasa disebut Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Di dalam perjalanannya, senam SKJ telah banyak melalui revisi atau pembaharuan-pembaharuan yang dilakukan oleh para pakarnya guna menyempurnakan setiap gerakan-gerakan yang ada pada setiap versi senam itu sendiri. Senam skj sendiri di perkenalkan pada tahun 1984 dan terus berkembang sampai saat ini.
Salah satu senam SKJ yang cukup popular yaitu senam SKJ 2004. Senam SKJ 2004 berkembang sangat pesat dan menjadi agenda rutin setiap jum’at dilaksanakan oleh para karyawan dan pegawai dari berbagai instansi sampai saat ini. Namun dari perjalanan aktivitas senam kesegaran jasmani 2004, lahir pula jenis tarian yang bernama sajojo, kemudian terakhir muncul tarian poco-poco dengan irama lagu yang sangat menarik dan dinamis.

B.     Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan senam SKJ dan
C.     Manfaat
Manfaat yang diharapkan penulis dalam pembuatan makalah ini yaitu agar menambah ilmu pengetahuan tentang senam SKJ bagi penulis serta pembaca pada umumnya, dan untuk menambah semangat serta motivasi pembaca untuk menggalakkan senam SKJ dalam kehidupan sehari-hari.

BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian Senam
Senam berasal dari bahasa Inggris disebut “Gymnastic” yang berasal dari kata “gymnos” melakukan latihan senam di ruangan khusus yang disebut “Gymnasium” atau “Gymnasion”. Senam merupakan suatu cabang olah raga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.
Menurut Menke G. Frank dalam Encyclopedia of Sport, as Bannes and Company, New York, 1960, senam terdiri dari gerakan-gerakan yang luas/banyak atau menyeluruh dari latihan-latihan yang dapat membangun atau membentuk otot-otot tubuh seperti : pergelangan tangan, punggung, lengan dan lain sebagainya. Senam atau latihan tersebut termasuk juga : unsur-unsur jungkir balik, lompatan, memanjat dan keseimbangan.

B.     Sejarah Senam Di Indonesia
Pengetahuan tentang sejarah terkadang membosankan bila kita hanya melihat dongengnya saja. Tapi apabila anda perhatikan dengan seksama, maka di dalamnya penuh dengan buah pikiran, kejadian, situasi, sifat, tingkah laku, yang indah, yang jahat, yang bermanfaat dan sebagainya, yang semuanya akan menambah wawasan pribadi anda yang tentu akan sangat berguna bagi anda sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.
Dengan memahami sejarah senam sejak zaman kuno sampai sekarang, anda akan menghargai karya dan buah pikiran orang lain sebelum anda dan banyak di antaranya yang dapat anda jadikan contoh suri teladan dalam menjalankan tugas anda sehari-hari baik sebagai pendidik ataupun sebagai
 siswa.
Senam di Negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinkan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport. Lahirnya senam artistik di Indonesia yaitu pada saat menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta pada tahun 1963, yang mana setiap artistik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, untuk ini perlu dibentuk suatu organisasi yang berfungsi menyiapkan para pesenamnya. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia), atas prakarsa dari tokoh-tokoh olahraga se-Indonesia yang menangani dan mempunyai keahlian pada cabang olahraga senam. Promotornya dapat diketengahkan tokoh-tokoh dari daerah seperti : Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara. Wadah inilah kemudian telah membina dan menghasilkan atlet-atlet senam yang dapat ditampilkan dalam Ganefo I dan untuk pertama kalinya pula pesenam-pesenam Indonesia menghadapi pertandingan Internasional. Kegiatan selanjutnya adalah mengikut sertakan tim senam dalam rangka Konferensi Asia Afrika I dan dalam Ganefo Asia, dimana untuk mempersiapkan atlet-atlet Indonesia ini dipanggil pelatih-pelatih senam dari RRC, maka dengan demikian Indonesia mengalami kemajuan dalam prestasi olahraga senam. Tetapi sangat disayangkan bahwa harapan yang mulai tumbuh harus berhenti sementara oleh karena suasana politik yaitu saat meletusnya G 30 S/PKI, sehingga pelatih-pelatih dari RRC harus dikembalikan ke negaranya.
Usaha untuk mengejar ketinggalan ini maka pada tahun 1967 dikirim seorang pelatih Indonesia yaitu : Sdr. T. J. Purba ke Jerman Timur untuk sekolah khusus pelatih senam artistik selama 26 bulan. Kemudian sebagai titik tolak yang kedua adalah dimasukkannya cabang olahraga senam artistik yang pertama kalinya dalam Pekan Olahraga Nasional (PON VII/1969) di Surabaya, dan kemudian untuk seterusnya dimasukkan dalam setiap penyelenggaraan PON.

C.     Senam SKJ 2004
SKJ 2004 berkembang secara pesat dan menjadi agenda rutin setiap jum’at dilaksanakan oleh para karyawan dan pegawai dari berbagai instansi sampai saat ini. Namun dari perjalanan aktivitas senam kesegaran jasmani 2004, lahir pula jenis tarian yang bernama sajojo, kemudian terakhir muncul tarian poco-poco dengan irama lagu yang sangat menarik dan dinamis. Berdasarkan hasil pengamatan saat , SKJ 2004 yang teragenda setiap hari jum’at dilakukan para karyawan dan pegawai negeri dan swasta, secara kondisional belum dapat memberikan resppon terhadap peningkatan kesegaran jasmani seseorang. Hal ini disebabkan karena umumnya frekuensi aktivitas SKJ 2004 hanya dilaksanakan satu kali perminggu, dan intensitas pelaksanaannya tidak terukur sehingga membutuhkan suatu kajian secara ilmiah. Dengan mengkombinasikan antar intensitas latihan pada SKJ 2004 terhadap tingkat kesegaran jasmani seseorang.
Berikut ini adalah cara senam SKJ:

1)     LATIHAN SIKAP SIAP
a)     Badan tegap dengan bahu rileks. Kedua tangan lurus di samping badan serta pandangan lurus ke depan. Kedua aki lurus dengan tumit rapat serta ujung kaki menghadap serong.

2)      LATIHAN PEMANASAN
a)      Jalan di tempat
b)      Gerakan kepala. Menoleh ke kanan - kiri, menunduk - menengadah, serta gerakan memutar searah jarum jam dan sebaliknya
c)      Gerakan bahu
d)      Gerakan lengan dan punggung bagian atas
e)      Gerakan tekuk lengan, kaki bertumpu pada tumit
f)       Gerakan lengan, bahu, dada, tungkai
g)      Gerakan peregangan dinamis otot samping badan
h)      Gerakan peregangan statis

3)      LATIHAN GERAKAN PERALIHAN
a)      Gerakan jalan, tepuk tangan, maju – mundur

4)      LATIHAN GERAKAN INTI
a)      Gerakan meluruskan dan menekuk lengan
b)      Gerakan memanah, mengayun lengan, mengangkat kaki
c)      Gerakan meluruskan dan menarik lengan
d)      Gerakan koordinasi gerakan tangan dengan kaki
e)      Gerakan mambo (cha - cha)

5)      LATIHAN GERAKAN PEREGANGAN
a)      Gerakan peregangan dinamis
b)      Gerakan peregangan statis

BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
“Senam adalah latihan jasmani / olahraga yang bentuk-bentuk gerakannya dipilih dan disusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip tertentu sesuai dengan kebutuhan atau tujuan si penyusun”. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Olahraga senam sendiri ada bermacam-macam, seperti : senam kuno, senam sekolah, senam alat, senam korektif, senam irama, turnen, senam artistik.

DAFTAR PUSTAKA



1 komentar: