Minggu, 10 Januari 2016

MAKALAH "Pembuatan Animasi Kartun dengan Macromedia Flash 8"

BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
Informasi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia sehingga sekarang ini dunia teknologi informasi berkembang dengan pesat. Informasi tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi dalam hal ini perkembangan dunia komputer yang membuat segalanya lebih dinamis dan efisien. Penggunaan bidang multimedia ini bisa berupa gambar, teks, video, audio dan animasi. Bidang multimedia ini banyak digunakan dalam iklan televisi, presensi atau seminar, desain majalah dan membuat film animasi seperti film kartun sebagai alternatif menyampaikan informasi kepada orang lain dengan lebih menarik.
Sudah banyak animasi kartun tampil di internet, ada yang bertujuan untuk komersil atau hanya sebagai hobi untuk mengekspresikan diri melalui karyanya sehingga dapat dilihat oleh orang di seluruh dunia. Animasi kartun bukan hanya identik untuk anak-anak saja seperti anggapan banyak orang, melainkan juga cocok untuk remaja, dewasa, dan orang tua. Lebih dari itu, animasi kartun dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan pembelajaran yang sangat efektif.
Pemerintah juga bisa memanfaatkan animasi kartun untuk memberikan edukasi atau sosialisasi mengenai sesuatu bagi masyarakat. Daripada membuat dan menambah berbagai macam undang-undang yang rumit dan menimbulkan berbagai macam konflik, lebih baik memberi pembelajaran yang menghibur lewat animasi kartun sehingga tidak ada kesan mengajari. Masyarakat Indonesia sekarang sudah lebih kritis. Oleh karena itu perlu komunikasi yang efektif dan kreatif dalam menyampaikan suatu pesan.
Animasi kartun di Indonesia memang masih kurang menarik atau kurang profokatif, bisa juga di katakan animasi di Indonesia kurang berkembang. Di negari kita ini animasi kartun kurang begitu terangkat, lain hal-nya dengan luar negeri atau negara-negara lain, animasi-animasi kartun yang dihasilkan sangat menarik serta mempunyai daya tarik yang besar dan berkualitas tinggi entah itu dari segi gambar, suara, animasinya, atau alur ceritanya sangatlah menarik. Sebagai contoh : Kunfu Panda yang berhasil menyedot berjuta-juta orang untuk menontonnya, Final Fantasi, Naruto, One Peace, Tekken 3 dan masih banyak lagi yang lainnya.
Animasi kartun di negeri kita ini seakan-akan telah mati atau tidak berkembang, bagaimana caranya kita bisa menghidupkan animasi kartun di Indonesia ini adalah dari generasi-generasi muda sekarang ini untuk selalu menggali potensinya dalam mengembangkan teknik-teknik membuat animasi kartun yang menarik baik dari segi gambar, suara, animasi, serta ceritanya. Kurangnya wadah bagi mereka para animator-animator dalam negeri adalah pokok dari masalah kurang berkembangnya animasi kartun di Indonesia.
Salah satu cara mengembangkan animasi kartun di Indonesia dapat dimulai dengan memperbaiki hasil penyajian animasi itu sendiri baik dari segi kualitas gambar, suara maupun alur cerita dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu software animasi yang mudah, cepat namun menghasilkan kualitas yang bagus salah satunya yaitu Macromedia Flash.
Macromedia Flash adalah software yang banyak dipakai oleh desainerweb karena mempunyai kemampuan yang lebih unggul dalam menampilkanmultimedia, gabungan antara grafis, animasi, suara, serta interaktifitas user.Macromedia Flash merupakan sebuah program aplikasi standart authoring toolprofesional yang digunakan untuk membuat animasi objek atau text yang sangatmenakjubkan untuk membuat suatu situs web yang interaktif, menarik dandinamis.

1.2      Rumusan Masalah
Kurangnya wadah bagi para animator-animator dalam negeri adalah pokok dari masalah kurang berkembangnya animasi kartun di Indonesia. Selain itu animasiyang dihasilkan masih kurang menarik serta  kurang mempunyai daya tarik yang besar dan berkualitas tinggi entah itu dari segi gambar, suara, maupun ide cerita animasinya.

1.3      Tujuan dan Manfaat Penelitian
-     Tujuan
Tujuan dari umum dari pembuatan makalah ini ialah sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan animasi kartun yang ada di Indonesia. Tujuan secara khusus untuk mengetahui cara pembuatan animasi kartun dengan menggunakan Macromedia Flash 8.

-     Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari penulisan makalah ini adalah agar penulis maupun pembaca mengetahui seluk beluk tentang Macromedia Flash 8 serta mengetahui cara pembuatan animasi kartun dengan menggunakan Macromedia Flash 8.

1.4      Batasan Masalah
Untuk dapat membuat animasi kartun dengan Macromedia Flash 8 tentunya komputer yang akan dipakai untuk membuat animasi kartun tersebut harus sudah terpasang atau terinstal program Macromedia Flash 8 pada komputer yang akan di gunakan.

Untuk dapat menjalankan program Macromedia Flash 8 dibutuhkan komputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut, yaitu Processor Intel Pentium III 600 Mhz atau diatasnya dengan sistem operasi Microsoft 98 SE, Windows 2000, atau Windows XP dengan RAM minimal 128 MB ( disarankan 256 MB ) kapasitas harddisk kosong sebesar 190 MB. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar