BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Informasi memegang peranan penting dalam
kehidupan manusia sehingga sekarang ini dunia teknologi informasi berkembang
dengan pesat. Informasi tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi dalam hal
ini perkembangan dunia komputer yang membuat segalanya lebih dinamis dan
efisien. Penggunaan bidang multimedia ini bisa berupa gambar, teks, video,
audio dan animasi. Bidang multimedia ini banyak digunakan dalam iklan televisi,
presensi atau seminar, desain majalah dan membuat film animasi seperti film
kartun sebagai alternatif menyampaikan informasi kepada orang lain dengan lebih
menarik.
Sudah banyak animasi kartun
tampil di internet, ada yang bertujuan untuk komersil atau hanya sebagai hobi
untuk mengekspresikan diri melalui karyanya sehingga dapat dilihat oleh orang
di seluruh dunia. Animasi kartun bukan hanya identik untuk anak-anak saja
seperti anggapan banyak orang, melainkan juga cocok untuk remaja, dewasa, dan
orang tua. Lebih dari itu, animasi kartun dapat digunakan sebagai sarana
komunikasi dan pembelajaran yang sangat efektif.
Pemerintah juga bisa
memanfaatkan animasi kartun untuk memberikan edukasi atau sosialisasi mengenai
sesuatu bagi masyarakat. Daripada membuat dan menambah berbagai macam
undang-undang yang rumit dan menimbulkan berbagai macam konflik, lebih baik
memberi pembelajaran yang menghibur lewat animasi kartun sehingga tidak ada
kesan mengajari. Masyarakat Indonesia sekarang sudah lebih kritis. Oleh karena
itu perlu komunikasi yang efektif dan kreatif dalam menyampaikan suatu pesan.
Animasi kartun di Indonesia memang masih kurang
menarik atau kurang profokatif, bisa juga di katakan animasi di Indonesia
kurang berkembang. Di negari kita ini animasi kartun kurang begitu terangkat,
lain hal-nya dengan luar negeri atau negara-negara lain, animasi-animasi kartun
yang dihasilkan sangat menarik serta mempunyai daya tarik yang besar dan
berkualitas tinggi entah itu dari segi gambar, suara, animasinya, atau alur
ceritanya sangatlah menarik. Sebagai contoh : Kunfu Panda yang berhasil
menyedot berjuta-juta orang untuk menontonnya, Final Fantasi, Naruto, One
Peace, Tekken 3 dan masih banyak lagi yang lainnya.
Animasi kartun di negeri kita ini seakan-akan
telah mati atau tidak berkembang, bagaimana caranya kita bisa menghidupkan
animasi kartun di Indonesia ini adalah dari generasi-generasi muda sekarang ini
untuk selalu menggali potensinya dalam mengembangkan teknik-teknik membuat
animasi kartun yang menarik baik dari segi gambar, suara, animasi, serta
ceritanya. Kurangnya wadah bagi mereka para animator-animator dalam negeri
adalah pokok dari masalah kurang berkembangnya animasi kartun di Indonesia.
Salah satu cara mengembangkan animasi kartun di
Indonesia dapat dimulai dengan memperbaiki hasil penyajian animasi itu sendiri
baik dari segi kualitas gambar, suara maupun alur cerita dapat dilakukan dengan
menggunakan salah satu software animasi yang mudah, cepat namun menghasilkan
kualitas yang bagus salah satunya yaitu Macromedia Flash.
Macromedia Flash adalah software yang banyak
dipakai oleh desainerweb karena mempunyai kemampuan yang lebih unggul dalam
menampilkanmultimedia, gabungan antara grafis, animasi, suara, serta
interaktifitas user.Macromedia Flash merupakan sebuah program aplikasi standart
authoring toolprofesional yang digunakan untuk membuat animasi objek atau
text yang sangatmenakjubkan untuk membuat suatu situs web yang interaktif,
menarik dandinamis.
1.2
Rumusan Masalah
Kurangnya wadah bagi para
animator-animator dalam negeri adalah pokok dari masalah kurang berkembangnya
animasi kartun di Indonesia. Selain itu animasiyang dihasilkan masih kurang
menarik serta kurang mempunyai daya
tarik yang besar dan berkualitas tinggi entah itu dari segi gambar, suara,
maupun ide cerita animasinya.
1.3
Tujuan dan Manfaat
Penelitian
-
Tujuan
Tujuan dari umum
dari pembuatan makalah ini ialah sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan
animasi kartun yang ada di Indonesia. Tujuan secara khusus untuk mengetahui
cara pembuatan animasi kartun dengan menggunakan Macromedia Flash 8.
-
Manfaat
Manfaat yang dapat
diambil dari penulisan makalah ini adalah agar penulis maupun pembaca
mengetahui seluk beluk tentang Macromedia
Flash 8 serta mengetahui cara pembuatan animasi kartun dengan menggunakan
Macromedia Flash 8.
1.4
Batasan Masalah
Untuk dapat membuat animasi kartun dengan
Macromedia Flash 8 tentunya komputer yang akan dipakai untuk membuat animasi
kartun tersebut harus sudah terpasang atau terinstal program Macromedia Flash 8
pada komputer yang akan di gunakan.
Untuk dapat menjalankan program Macromedia
Flash 8 dibutuhkan komputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut, yaitu
Processor Intel Pentium III 600 Mhz atau diatasnya dengan sistem operasi
Microsoft 98 SE, Windows 2000, atau Windows XP dengan RAM minimal 128 MB (
disarankan 256 MB ) kapasitas harddisk kosong sebesar 190 MB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar