Kamis, 04 Februari 2016

Bisnis Usaha Rumah Makan Padang

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Dengan semakin meningkatnya krisis ekonomi di Indonesia, menyebabkan timbulnya banyak pengangguran dan tingkat kemiskinan yang tinggi. Kebutuhan hidup yang semakin meningkat dan harga-harga kebutuhan pokok yang semakin mahal. Ini menuntut masyarakat untuk keluar dari permasalahan ekonomi dan mencari jalan untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidupnya.Namun di era globalisasi sekarang ini, semakin sulit untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan seseorang karena semakin ketatnya tingkat persaingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan.
Dari permasalah di atas, maka diperlukan solusi yang tepat mengatasi krisis ekonomi dan pengangguran yang begitu meluas hingga kini. Salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah dengan membuka sebuah usaha/bisnis, dimana usaha/bisnis yang akan dibuka tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya tetapi juga dapat mengurangi pengangguran yang kian ramai.
Usaha/bisnis yang dilakukan dapat berbagai macam jenis, misalnya bisnis karaoke, restoran, bisnis game Online dan lain-lain. Salah satu bisnis yang akan diuraikan dalam makalah ini ialah bisnis restoran. Mengapa bisnis restoran menjadi pokok yang akan dibahas pada makalah ini? Jawabannya sangat sederhana, sebab makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang paling utama sehingga bisnis restoran maupun restoran tidak akan pernah mati. Seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan gaya hidup yang ingin serba cepat tersaji. Sadar atau tidak, dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan, oleh sebab itu bisnis restoran/restoran merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.
Bisnis restoran Padang bisa menjadi salah satu usaha makanan yang bisa dijalankan. Makanan padang sangat sesuai untuk lidah orang Indonesia yang kaya akan rempah-rempah sehingga rasanya lebih nikmat. Harga makanan ini juga relative terjangkau dan bisa dibeli oleh banyak kalangan sehingga usaha/bisnis restoran padang sangat menjanjikan sebagai peluang usaha/bisnis di Indonesia.

B.     Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan makalah ini ialah :
1.      Memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis.
2.      Mengetahui cara membuka restoran, khususnya restoran Padang
3.      Mengetahui kekurangan dan kelebihan restoran padang.

C.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan restoran?
2.      Apa saja yang perlu diperhatikan saat membuka restoran padang?
3.      Apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis restoran padang?

  
BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian Restoran
Restoran menurut Marsum (1994), restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.
Menurut Marsum (1994) ada beberapa tipe restoran, yaitu:           
1.      Table D’ hote Restaurant adalah suatu restoran yang khusus menjual makanan menu table d’ hote, yaitu suatu susunan menu yang lengkap (dari hidangan pembuka sampai dengan hidangan penutup) dan tertentu, dengan harga yang telah ditentukan pula.
2.      Coffee Shop atau Brasserie adalah suatu restoran yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat dimana tamu biasa mendapatkan makan pagi, makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang relatif murah, kadang-kadang penyajiannya dilakukan dengan cara prasmanan.
3.      Cafetaria atau Café adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh.
4.      Canteen adalah restoran yang berhubungan dengan kantor, pabrik atau sekolah.
5.      Dining Room, terdapat di hotel kecil (motel), merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis dari pada tempat makan biasa. Dining Room pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel itu, namun juga terbuka bagi para tamu dari luar.
6.      Inn Tavern adalah restoran dengan harga murah yang dikelola oleh perorangan di tepi kota.
7.      Pizzeria adalah suatu restoran yang khusus menjual Pizza, kadang-kadang juga berupa spaghetti serta makanan khas Italia yang lain.
8.      Speciality Restaurant adalah restoran yang suasana dan dekorasi seluruhnya disesuaikan dengan tipe khas makanan yang disajikan atau temanya. Restoranrestoran semacam ini menyediakan masakan Cina,Jepang, India, Italia dan sebagainya. Pelayanannya sedikit banyak berdasarkan tata cara negara tempat asal makanan spesial tersebut.
9.      Familly Type Restaurant adalah satu restoran sederhana yang menghidangkan makanan dan minuman dengan harga yang tidak mahal, terutama disediakan untuk tamu-tamu keluarga maupun rombongan
Definisi Restoran dan Restoran : Menurut SK Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM 73/PW 105/MPPT-85 menjelaskan bahwa Restoran adalah setiap tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan dan minuman untuk umum. Dalam SK tersebut juga ditegaskan bahwa setiap restoran harus memiliki seseorang yang bertindak sebagai pemimpin restoran yang sehari-hari mengelola dan bertanggungjawab atas pengusahaan RM tersebut.
Restoran adalah salah satu jenis usaha dibidang jasa pangan yang bertempat disebagian atau seluruh bangunan yang permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, penyajian, dan penjualan makanan dan minuman untuk umum. Pengusahaan restoran meliputi jasa pelayanan makan dan minum kepada tamu restoran sebag ai usaha pokok dan jasa hiburan didalam bangunan restoran sebagai usaha penunjang yang tidak terpisahkan dari usaha pokok sesuai dengan ketentuan dan persyaratan teknis yang ditetapkan.

B.     Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuka Restoran Padang
Untuk memulai sebuah bisnis/usaha restoran padang, maka hendaknya di perhatikan hal-hal penting, seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :
1.    Menggali informasi lebih dalam lagi mengenai menus masakan padang yang menjadi favorit di masyarakat. Pada dasarnya menu masakan padang ini terdiri dari nasi, sayur nangka, resbusan daun singkong, sambal serta aneka lauk pauk lainnya.
2.    Menyiapkan peralatan serta perlengkapan dalam menjalankan usaha ini. Peralatan usaha yang perlu disiapkan adalah etalase sebagai tempat memajang makanan, peralatan makan, peralatan memasak, perlengkapan ruang usaha meja dan kursi.
3.    Memiliki lokasi yang tepat dan strategis. Tempat-tempat yang memiliki potensi baik tersebut seperti pasar tradisonal, daerah sekitar kampus, pusat perbelanjaan/Mall baik mall besar maupun yang kecil, daerah perkantoran, dan tempat-tempat umum yang sering dilalui orang banyak.
4.    Memberikan harga yang relative murah, apabila target pemasaran yang dituju adalah kalangan menengah ke bawah. Sedangkan untuk membuka restoran besar atau mewah, yang diperlukan ialah kualitas makanan serta kenyamanan tempat yang harus diperhatikan.
5.    Citra rasa masakan merupakan hal yang paling penting. Dengan bumbu yang pekat dan bumbu-bumbu rempah yang komplit, kualitas makanan akan terjaga sehingga pelanggan akan selalu setia mengunjungi restoran-restoran yang selalu menjaga kepercayaan pelanggannya dengan citra rasa.

C.     Kelebihan dan kekurangan bisnis restoran padang
-       Kelebihan bisnis restoran padang
Menu masakan padang saat ini cukup digemari, dengan berbagai menu yang disediakan serta harganya lebih terjangkau dibandingkan menu makanan lainnya. Hal ini membuat masyarakat memilih restoran padang sebagai pemenuhan kebutuhan makanan. Sehingga restoran padang selalu laris oleh penikmat  makanan padang . ini menjadi keuntungan tersendiri untur pada pengusaha restoran padang yang menjalankan bisnis ini. Pelayanan pada bisnis restoran ini lebih fleksibel dalam bekerja dan menu-menu yang disediakan lebih banyak karena rasanya yang memiliki ciri khas.
-       Kekurangan bisnis restoran padang
Kendala dalam menjalankan usaha restoran ini yaitu adanya persediaan meni makanan yang masih tersisa. Apalagi menu makanan yang disediakan kebanyakan adalah sayuran dan aneka lauk pauk. Sehingga jika makanan yang masih tersisa dijual keesokan harinya, rasa dari lauk atau sayuran tersebut akan menurun.
Kekurangan laiunnya dari usaha restoran ini yaitu banyaknya pelaku usaha sehingga persaingan semakin berat. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebaiknya pelaku bisnis mampu menjaga kualitas dari masakan padang dan menjaga pelayanan yang diberikan supaya para konsumen tetap setia dengan restoran yang dikelola.

BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Kesimpulannya yaitu memang saat ini usaha RESTORAN sedang banyak digemari oleh para usahawan, ada juga yang bermula dari dekedar hobi memasak hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha restoran. Di Indonesia banyak sekali berbagai macam makanan khas, seperti makanan khas sunda, makanan khas padang, makanan khas yogyakarta, makanan khas jakarta, dan masih banyak lagi.

B.     Saran
Saran dari penulis yaitu dalam berbisnis apapun kita harus mempunyai kreatifitas yang tinggi, sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk yang kita buat. Dalam berbisnis restoran kita harus mempunyai konsep untuk menarik para konsumen, sehingga banyak konsumen yang datang ke restoran itu sendiri, kita juga harus memperhatikan lokasi tempat usaha, sebaiknya lokasi berbisnis harus strategis sehingga banyak konsumen yang berdatangan, dan juda kita haeus mengingat bahwa pembeli adalah raja sehingga kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli yang berdatangan


DAFTAR PUSTAKA
https://dianmahayanti.wordpress.com/f-b-service-2/restaurant/pengertian-restaurant-dan-pramusaji/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar