Sabtu, 13 Agustus 2016

Teks Prosedur "Cara Membuat Termometer Sederhana"

Tujuan
Pada umumnya termometer atau yang sering kita kenal dengan pengukur suhu, hanya diproduksi perusahaan-perusahaan berskala besar. Cara pembuatan dan bahan yang digunakan pun relatif mahal dan sulit. Namun, untuk membuat termometer sederhana, kita dapat membuatnya menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar dengan harga yang murah. Maka dari itu, percobaan ini ditujukan untuk membuat termometer secara sederhana dengan alat dan bahan yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang dapat digunakan, yaitu :
1.        Air
2.        Botol kaca atau plastik
3.        Sedotan
4.        Penggaris
5.        Kertas karton
6.        Plastisin
7.        Pewarna makanan (merah)
8.        Spidol
9.        Gunting
10.   Es batu
11.   Air Panas
12.   Baskom
13.   Pipet tetes

Langkah-Langkah
1.        Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan seperti daftar di atas.
2.        Langkah kedua, masukkan air ke dalam botol kaca atau plastik.
3.        Kemudian, berilah beberapa tetes pewarna makanan dengan menggunakan pipet ke dalam botol dan aduk hingga merata.
4.        Setelah itu, masukkan sedotan ke dalam botol hingga menyentuh permukaan air dan jangan biarkan mengenai dasar botol.
5.        Tutup rapat mulut botol dengan menggunakan plastisin. Jangan biarkan udara masuk ke dalam kecuali melalui lubang sedotan.
6.        Sebelum melakukan pengujian terhadap skala termometer, terlebih dahulu buatlah skalanya menggunakan kertas karton yang sudah digunting dengan ukuran tinggi 17 cm dan lembar 16 cm. Kemudian buat garis skala menggunakan spidol.
7.        Pengujian termometer dapat dilakukan dengan menempatkan botol ke dalam baskom yang telah berisi air panas, kemudian amati perubahan yang terjadi pada karton skala.
8.        Kemudian setelah suhu botol kembali seperti semula, tempatkan kembali botol tersebut  ke dalam ember yang telah berisi es batu. Amati reaksi dan perubahan yang terjadi pada karton skala.

Hasil

Dari percobaan tersebut dapat kita lihat bahwa sewaktu kita meletakkan botol ke dalam ember berisi air panas, cairan di dalam botol tersebut naik dan menyentuh karton skala hingga berwarna merah. Hal tersebut terjadi karena ketika suhu panas yang dipindahkan ke cairan pada termometer memuai, maka partikel cairan itu akan melesak keluar melalui sedotan. Sedangkan pada saat termometer kita letakkan pada baskom berisi air es, cairan tersebut akan turun sebab suhu dingin menyebabkan partikel di dalam cairan termometer mendekat sehingga cairannya akan memadat dan turun dari sedotan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar