Jumat, 12 Agustus 2016

Cara (Tutorial) Membuat Label Kaset VCD/DVD dengan Corel Draw

Langkah yang dapat Anda tempuh dalam membuat label Kaset VCD atau DVD yaitu sebagai berikut :
1.   Pertama, Anda terlebih dahulu harus mengetahui ukuran diameter kepingan kaset VCD/DVD dengan mengukurnya menggunakan penggaris. Disini penulis menggunakan ukuran diameter 12 cm (d Besar) dan 1,5 cm (d kecil).

2.   Kedua, setelah Anda mengetahui ukuran diameter tersebut, Anda perlu mengukur lebar dan tinggi kertas label yang telah Anda beli. Di sini penulis menggunakan kertas label merk Prima CD Label dengan ukuran panjang 25 cm dan lebar 13 cm. Kemudian, ukuran tersebut diatur pada settingan lembar kerja corel draw yang akan anda buat.

3.     Ketiga, buatlah sebuah lingkaran besar dengan ukuran 12 cm pada lembar kerja corel draw menggunakan ellips tool. Kemudian lakukan hal serupa, namun kali ini ukuran diameter yang dibuat adalah 1,5 cm dan letakkan di tengah-tengah lingkaran besar, seperti gambar di bawah ini.


4.   Setelah itu, drag atau seleksi kedua buah lingkaran tersebut dan lakukan pemotongan menggunakan fungsi trim.


5.   Langkah berikutnya, klik lingkaran kecil kemudian tekan tombol delete.
6.   Keenam, import salah satu gambar yang akan menjadi background label kaset VCD/DVD yang Anda buat, atau Anda juga bisa mendesainnya sesuai dengan keinginan Anda.

 7.   Untuk mengimport gambar ke dalam lembar kerja corel draw dapat dilakukan dengan cara mengklik salah satu area lembar kerja, kemudian tekan kursor dengan cara menahannya, lalu seret kursor ke posisi bawah secara menyilang, sampai tampilan seperti berikut muncul kemudian lepaskan kursur, maka gambar yang telah Anda import akan muncul pada lembar kerja. 


8.    Pada langkah ini, klik gambar yang telah Anda import, kemudian arahkan kursor pada menu effect dan pilih powerclip, lalu klik place insert container. Terakhir, klik objek lingkaran yang telah Anda buat. Hasilnya, dapat Anda lihat seperti di bawah ini.



9.       Aturlah gambar tersebut dengan cara mengklik kanan pada kursor, kemudian pilih edit content dan atur gambar tersebut seperti gambar berikut. Setelah selesai, klik kanan dan pilih finish editing this level.



10 .   Pada langkah kesepuluh ini, Anda dapat mendesain label sesuai keinginan Anda. Disini penulis hanya menambahkan tulisan Doraemon The Movie Disk 1 dengan cara mengklik icon text tool dan menempatkannya pada label yang telah dibuat.


11.   Langkah terakhir, seleksi label yang telah Anda buat, kemudian pilih menu arrange dan klik group. Dengan demikian label yang telah dibuat dapat dipindah dan diduplikat sesuai keperluan. 

12.   Setelah semua langkah telah Anda tempuh, maka tampilan akhir dari label VCD/DVD akan tampak seperti gambar di bawah ini. Untuk mencetaknya, Anda hanya perlu menekan tombol print yang ada pada menu file atau tekan ctrl + p, maka jadilah sudah label VCD/DVD yang Anda buat dan label siap Anda pasang pada kepingan VCD. Selamat Mencoba dan semoga berhasil


Sumber : Saya Sendiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar