Selasa, 12 April 2016

Cara Menggembungkan Balon Tanpa ditiup




Sumber Gambar : http://imsone-yoong.blogspot.co.id/

Pada waktu masa kanak-kanak, mungkin kita sering sekali bermain balon. Apalagi pada waktu kita mengadakan pesta, misalnya pesta ulang tahun, tentu bakal banyak balon-balon yang menghiasai seluruh ruangan, bukan? Balon yang besar tersebut menggelembung apabila kita tiup menggunakan mulut. Namun, ada cara unik untuk menggelembungkan balon tanpa harus ditiup, yaitu dengan menggunakan percobaan kimia. Dari beberapa referensi yang penulis baca, ternyata banyak cara, alat dan bahan yang dapat dipergunakan untuk menggelembungkan balon tanpa ditiup, namun pada intinya reaksi yang dihasilkan serupa, yaitu membentuk suatu gas yang dapat menggelembungkan balon. Yuk, kita intip bagaimana langkah percobaannya!
Tujuan
Tujuan dilakukan percobaan ini adalah untuk membuktikan bahwa balon dapat kita gelembungkan tanpa harus ditiup menggunakan mulut.

Alat dan bahan yang digunakan
1.  Asam cuka
(asam cuka bisa diganti dengan permen popping candy , yaitu permen yang bisa meletup-letup dilidah)
2.  Baking soda atau soda kue
     (apabila menggunakan permen  popping candy , tidak perlu lagi menggunakan soda kue)
3.  Botol Kaca
  (Apabila menggunakan permenpopping candy , botol yang digunakan adalah botol bekas minuman bersoda).
4.  Balon
5.  Corong
6.  Tali dan gunting (berfungsi untuk mengikat balon dan memotong tali)

Langkah-langkah Percobaan
1.   Letakkan botol kaca di atas lantai atau meja, kemudian isi dengan asam cuka hingga 2/4 tinggi botol.
2.    Masukkan soda kue ke dalam balon dengan bantuan corong yang telah disediakan.
3.   Buka mulut balon yang telah berisi soda kue, kemudian pasang pada mulut botol tanpa menjatuhkan soda kue yang ada di dalamnya.
4.   Setelah langkah tersebut berhasil, secara perlahan-lahan campurkan soda kue di dalam balon dengan asam cuka, dengan cara mengangkat ujung balon sedikit demi sedikit dan menggoyangkannya.
5.   Setelah bahan tersebut tercampur, maka terjadi suatu reaksi yang dapat menghasilkan gas yangmampu menggelembungkan balon tanpa harus ditiup.
6.   Apabila ukuran balon telah menggelembung sesuai keinginan, lepaskan mulut balon dari mulut botol dengan cara mengapit mulut balon dengan erat, kemudian ikat dengan tali. Maka balon pun telah menggelembung dengan sempurna.

Hasil
Asam cuka merupakan bahan yang bersifat asam dan memiliki rumus kimiaCH3CO2H, sedangkan soda kue bersifat basa lemah dengan rumus kimia NaHCO3.Saat kedua bahan tersebut dicampurkan, maka terjadilah suatu reaksi kimia yang menghasilkan gelembung-gelembung udara berupa gas karbon dioksida (CO2). Gas karbon dioksida inilah yang mampu menggelembungkan balon tanpa harus ditiup. Adapun reaksi kimia yang terjadi pada saat pencampuran kedua bahan tersebut, dapat kita jabarkan seperti berikut ini.
CH3CO2H + NaHCO3 => CH3CO2Na+ H2O + CO2 (gas)

Kesimpulan
Dari langkah percobaan tersebut, ada beberapa hal yang dapat kita simpulkan, diantaranya bahwa ketika bahan yang bersifat basa dan asam kita campurkan, maka dapat membentuk suatu reaksi dan menghasilkan sebuah gas yang mampu menggelembungkan balon. Selain itu, soda dan asam cuka bisa kita ganti dengan bahan-bahan yang lainnya yang masih bersifat asam dan basa, seperti asam cuka yang bisa kita ganti dengan permen popping candy. Namun tidak hanya reaksi asam basa saja yang mampu menghasilkan gas karbon dioksida, ternyata reaksi redoks yang dihasilkan dari gula yang dihidrolisis juga mampu menggelembungkan balon tanpa ditiup seperti percobaan berikut ini. Link
Besar kecilnya ukuran balon yang mengembung, tergantung pada jumlah soda dan asam cuka yang digunakan. Semakin besar soda dan asam cuka yang digunakan maka semakin banyak gas  karbon dioksida dihasilkan, dan semakin besar pula ukuran balon menggelembung.

Daftar Pustaka
www.parenting.co.id
http://yunita-kusumawardani.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar