Selasa, 05 November 2013

Kaki Busuk Akibat Diabetes Melitus



Ini sebuah cerita nyata yang dialami oleh emak saya sendiri. beliau menderita penyakit diabetes melitus cukup lama, namun kondisi terparah yang beliau rasakan berkisar 3 tahun lebih yang mengakibatkan kaki beliau busuk. Telah kita ketahui diabetes melitus merupakan kelainan metabolik yang disebabkan oleh faktor dengan sintoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein sebagai akibat dari defisiensi sekresi hormone insulin, aktivitas insulin, atau transforter glukosa. Penyakit diabetes juga sering dikenal dengan istilah penyakit kencing manis.

Menurut sumber yang saya baca dari artikel dr Regina di http://diabetesmelitus.org menyebutkan bahwa salah satu komplikasi yang sering terjadi pada pasien diabetes mellitus adalah masalah kaki. Misalnya luka pada kaki yang tak kunjung sembuh, infeksi, bakteri atau jamur dan paling parah adalah pembusukan jaringan sehingga perlu diamputasi. Dari beberapa masalah kaki penderita diabetes mellitus yang diterangkan oleh dr. Regina tersebut, emak saya mengalami pembusukan jaringan pada jempol kakinya. Hal tersebut berawal dari hujan yang terus menerus yang terjadi di desa saya sehingga mengakibatkan kaki beliau sering terendam air dan mengalami lecet di sekitar sela-sela kaki jempol. untuk mencegah terjadinya infeksi pada kaki, beliau membalut lecet tersebut menggunakan plaster yang biasanya untuk menutupi luka (lupa namanya hehehe). Mungkin karena setiap hari menggunakan plaster tersebut, maka terjadilah infeksi akibat lembab. 

Pembengkakan kaki tersebut berlangsung sangat cepat, hampir seluruh telapak kaki beliau menjadi bengkak, akhirnya beliau pun dibawa ke rumah sakit. Setelah beberapa hari kemudian (pastinya saya kurang tau sebab waktu itu saya sedang berada daerah perkebunan melaksanakan PKL) kaki beliau yang bengkak tersebut pecah dan mengeluarkan nanah dan bau yang tak sedap. Daging-daging yang menutupi telapak kaki beliau luruh, sehingga ada sebagian tulang kaki yang terlihat. Awalnya kaki beliau akan diamputasi, namun beliau bersikeras untuk mempertahankan kakinya, sehingga hanya jempol beliaulah yang dipotong. Sebab jempol tersebut sudah tidak dapat berfungsi lagi akibat sel-sel dan jaringan pada jempol tersebut telah mati.

Menurut dr. Regina, masalah pada kaki si penderita diabetes mellitus disebabkan oleh dua hal yang pertama adalah karena aliran darah yang buruk akibat kadar gula darah yang tinggi dalam waktu yang cukup lama. Aliran darah yang buruk menyebabkan kaki tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga kulit kaki menjadi lemah, mudah luka dan sulit  untuk sembuh jika terjadi luka. Penyebab yang kedua adalah kerusakan saraf yang terjadi karena gula darah yang tinggi dalam waktu yang cukup lama. Kerusakan saraf dapat menyebabkan kepekaan si penderita terhadap rasa nyeri berkurang sehingga pada saat kaki terluka tidak menyadarinya.

Proses penyembuhan luka pada penderita penyakit diabetes melitus memang cukup lama dan perlu kesabaran ekstra. Perlu waktu dua tahun bagi emak saya agar bisa berjalan seperti sedia kala. Untuk perawatan kaki yang busuk tersebut, pada mulanya ditangani oleh perawat rumah sakit sebelum diambil alih oleh Babe. Setiap pagi dan sore perawat tersebut datang ke rumah dan membersihkan kaki busuk tersebut dengan air kemudian dioleskan dengan alkohol menggunakan kapas. Nanah dan lendir-lendir putih yang terdapat pada kaki yang busuk tersebut diambil dan dipotong, kemudian ditetesi obat merah dan terakhir dibalut dengan perban. Setelah beberapa lama, kaki tersebut tak kunjung baik dan kering, akhirnya emankpun beralih menggunakan obat tradisional  yaitu berupa air sirih dan gambir (tidak tau bahasa indonesianya).
Air sirih dapat diolah dari daun sirih segar yang direbus di air panas hingga mendidih. Setelah mendidih dinginkan terlebih dahulu baru kemudian dapat diminum. Air sirih juga digunakan untuk membersihkan luka pada kak yang busuk tersebut dengan car direndam beberapa lama. Selesai direndam, kaki tersebut dikeringkan menggunakan kapas kemudin buang dan bersihkan nanah-nanah yang masih menempel pada permukaan kaki yang busuk. Apabila telah selesai taburkan gambir Yang telah ditumbuk halus pada permukaan kaki dan balut dengan perban. Lakukan hal tersebut setiap pagi dan sore setelah mandi.

Pengobatan secara tradisional tersebut lumayan ampuh untuk mengobati luka luar pada kaki yang busuk selain diselingi dengan obat dari dokter untuk mengobati dari dalam. Meskipun memakan waktu yang cukup lama agar kaki benar-benar pulih, namun cara tersebut lebih manjur daripada hanya mengandalkan obat merah. 

Ada beberapa cara untuk perawatan kaki bagi si penderita diabetes melitus yaitu dengan rutin membersihkan kaki setiap hari, terutama di sela-sela kaki agar tidak terinfeksi bakteri. selain itu rajin memotong kuku dan memeriksa kesehatan kaki agar dapat mengantisipasi apabila ditemukan luka dini. Gunakan alas kaki yang nyaman dan aman serta jangan melipat kaki terlalu lama. 

Demikian uraian dari artikel ini semoga bermanfaat.

11 komentar:

  1. terima kasih banyak info demi infonya semoga bermanfaat,dan bisa menyembuhkan ppenderita,amiiin

    BalasHapus
  2. haduh ..aku jd takut..soalnya bapak saya juga diabetes dan kakinya skrng sudah membengkak besar dan tak kunjung sembuh..ada kaya luka akibat gatal disela kakinya..aku bingung nih,,,apakah ada saran ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ibu saya kemaren sist udah busuk jadi menggunakan air sirih untuk dibersihkannya selain itu air sirihnya juga diminum. campurannya juga ada air gambir buat mengeringkan luka, alhamdulillah setelah itu ibu saya bisa kembali berjalan normal sprti biasa.

      klo masih membengkang usahakan dijaga kebersihan kaki sist jangan, makanan/pantangan juga harus dijaga jangan

      Hapus
  3. Untuk mengeringkan luka yg paling cepat pakai daun binahong. Ibu saya alhamdulillah dah sembuh luka dikakinya akibat diabetes

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah gan, klo diabetes memang agak susah sembuh klo dah luka. tinggal dijaga aja makannya biar nggak naik lagi kadar gulanya

      Hapus
  4. Ka ros mama q skg jg bgtu ciri"nya selain herbal ap lg yg harus saya lakukan soalnya saya g ngerti kl dalam kedokteran dan blom pernah kerumah sakit mohon info bantuannya y,,skg aq stres berad ngadepin mama q ky gtu soalnya bingung
    Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong bales n infonya zmz k no aq z y 081297813492

      Hapus
    2. Tolong bales n infonya zmz k no aq z y 081297813492

      Hapus
  5. Ka ros mama q skg jg bgtu ciri"nya selain herbal ap lg yg harus saya lakukan soalnya saya g ngerti kl dalam kedokteran dan blom pernah kerumah sakit mohon info bantuannya y,,skg aq stres berad ngadepin mama q ky gtu soalnya bingung
    Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf dek saya baru saja membaca komentarnya... akhir2 ini jarang sekali bisa online, semoga infonya bisa membantu

      Hapus