Sabtu, 12 Maret 2016

Si Kecil Zaitun dengan Khasiat yang besar

Siapa yang tidak kenal dengan buah zaitun, si kecil yang begitu besar manfaat buahnya baik dari segi kesehatan sampai dengan kecantikan. Bahkan, sudah terkenal sejak masa Yunani Kuno yang merupakan rahasia kecantikan para ratu. Tidak hanya itu loh! Ternyata di dalam kitab suci Al-Qur’an pun zaitun dianggap sebagai pohon yang penuh berkah seperti yang tercantum dalam Q.S. An-Nur ayat 35 yang artinya “Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat per­umpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Mahamengetahui segala sesuatu.” Yuk kita kenali zaitun dari dekat, caranya? Simak ulasan artikel berikut, ya!






Zaitun atau nama lain dari Olea europaea (minyak eropa) adalah tanaman pohon/perdu hijau abadi yang tumbuh di wilayah beriklim panas sampai sedang dan merupakan spesies keluarga tumbuhan kecil oleaceaea yang tumbuh secara alami di Afrika, Mediterania, Arab Peninsula hingga Asia. Sedangkan menurut Wikipedia, Zaitun adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.
Tangkai zaitun berdaun sering dipakai sebagai lambang perdamaian dan telah lama menjadi bagian kebudayaan Barat. Di dalam masyarakat ini dahan zaitun menjadi lambang perdamaian dan telah ditanam sejak ratusan tahun yang lalu untuk diambil buahnya yang sedap. Dari filosofi tersebut dapat kita ambil intisari bahwa dengan tumbuhnya zaitun akan membawa perdamaian.

Klasifikasi Ilmiah

 














Sumber : MateriPertanian.com

Ciri-Ciri Tanaman Zaitun
tumbuh sebagai pohon atau perdu hijau abadi mempunyai bunga berbentuk lonceng
pendek dan gemuk, tingginya jarang melebihi 8–15 m (26–49 ft), kecuali varietas Pisciottana yang lebih besar dan tinggi
daun tunggal dengan kedudukan berhadapan tanpa daun penumpu, berwarna hijau keperakan, berbentuk lonjong dengan panjang 4–10 cm (1.6–3.9 in) dan lebar 1–3 cm (0.39–1.18 in)
batang keriput dan terpelintir
bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga kecil-kecil berwarna putih berbulu, dengan calyxdan corolla berbelah sepuluh, dua stamen dan stigma bifid , biasanya tumbuh pada kayu tahun sebelumnya
buahnya kecil berupa buah batu (drupe), panjangnya 1–2.5 cm (0.39–0.98 in) dengan biji memiliki endosperma. Buahnya berukuran lebih kurus dan kecil pada tanaman liar dibandingkan pada pembudidayaan.

Budidaya dan Panen tanaman Zaitun
Umur pohon zaitun bisa mencapai ribuan tahun, bahkan pernah disebutkan di beberapa daerah pohon zaitun yang diperkirakan berukur 4000 tahun. Pohon zaitun merupakan pohon yang memiliki pertumbuhan sangat lambat. Pada catatan seorang ahli botani “ Augustin Piramus Candolle” di catat bahwa diameter terbesar pohon zaitun mencapai 10 meter dan jarang mencapai 15 meter.
Secara tradisional diperlukan waktu 15-20 tahun bagi pohon zaitun untuk mulai dapat menghasilkan, dapa pada umur sekitar 60-70 tahun pohon zaitun akan memberikan asil panen terbanyak. Pada budidaya perkebunan zaitun modern, digunakan teknologi pertanian modern dengan penggunaan pupuk pesisida dan varietas pohon zaitu yang telah dimodifikasi, sehingga memungkinkan didapatkannya hasil panenl mulai usia 3 tahun.
Secara umum masa panen zaitun dapat ditentukan sebagai berikut, khusus di belahan bumi utara, zaitun hijau dipetik pada akhir September hingga pertengahan November. Zaitu hijau kekuningan dipetik dari pertengahan Oktober sampai akhir November dan Zaitun ungu kehitaman dikumpulkan dari pertengahan November sampai akhir Januari atau awal Februari.

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun merupakan minyak yang dihasilkan dari buah zaitun yang diekstraksi baik secara tradisional maupun modern. Minyak zaitun adalah minyak goreng nabati yang digunakan di seluruh wilayah Mediterania sejak berabad-abad lampau. Minyak didapat dari proses estraksi press buah zaitun, dianggap sebagai simbol perdamaian, kemakmuran, dan kesehatan. minyak zaitun extra virgin diproses dari buah zaitun segar. Warna hijau minyak zaitun karena kandungan klorofil, karotenoid dan pigmen oleuropein. Buah zaitun umumnya dipanen ketika telah matang, dewasa, berubah dari hijau muda menjadi kuning kehijauan, dan sedikit empuk. Zaitun yang dipanen pada tahap ini memiliki polifenol yang tinggi dan diyakini sebagai yang terbaik untuk diambil minyaknya.
Salah satu efek negative dari minyak zaitun yaitu apabila anda mempunyai alergi terhadap minyak ini, maka gejala yang timbul dapat berupa diare ringan jika dikonsumsi langsung dalam jumlah yang besar. Bagi pengguna obat diabetes atau tekanan darah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun berlebihan, artinya cukup menurunkan konsumsi minyak zaitun namun tidak menghentikannya sebab minyak zaitun mampu mengurangi gula darah dan tekanan darah.


Karakteristik minyak zaitun
Minyak segar memiliki asam lemak bebas yang sangat rendah (Free Fatty Acid/FFA), dan secara alami. minyak cold-press kandungan FFA nya kurang dari 0,5%. Secara umum, minyak virgin memiliki FFA kurang dari 0,8%. Extra-virgin adalah grade tertinggi minyak zaitun. Seperti semua minyak virgin, diproses secara mekanis tanpa menggunakan bahan kimia atau pengapian. Berat jenis @ 15,5 ° C adalah 0,9150-0,9180, nilai Iodine 75-94, dan nilai saponifikasi 184-195 .

Kandungan minyak zaitun
Minyak zaitun adalah minyak nabati terbaik dalam hal palatabilitas, stabilitas, profil lipid. Kaya energi; 100 g minyak menghasilkan 884 kalori. Namun, rasio asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak jenuh memenuhi syarat sebagai salah satu minyak paling sehat untuk dikonsumsi. Minyak zaitun extra virgin memiliki titik uap yang tinggi, 450 ° F (210 ÂșC). Sangat penting ketika menggunakan suhu tinggi untuk memasak, seperti pengolahan deep-frying untuk makanan tertentu. Minyak zaitun memiliki profil lipid yang sangat baik. Jenuh, tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda (SFA: MUFA: PUFA = 14: 77: 9) lemak di dalamnya mempunyai proporsi yang sehat. Minyak cold-press adalah salah satu minyak goreng stabil.

Trigliserida, Minyak zaitun mengandung trigliserida dan sejumlah kecil acits lemak bebas , gliserol , pigmen , senyawa aroma , sterol, tokoferol, fenol, komponen resin teridentifikasi dan lain-lain ( Kiritsakis , 1998) .
Oleic Acid, Minyak zaitun mengandung dari oleat tak jenuh tunggal. Asam lemak tertentu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), yang bertanggung jawab untuk pembentukan plak aterosklerosis, dan meningkatkan HDL (kolesterol Baik) .
Tokoferol, Minyak zaitun mengandung tokoferol. Tokoferol yang terkandung dalam minyak zaitun tidak hanya bergantung pada senyawa dalam buah zaitun, tetapi juga pada beberapa faktor lainnya. vitamin E untuk asam lemak tak jenuh ganda dalam minyak zaitun lebih baik daripada di minyak nabati lainnya.
Senyawa fenolik, Sebagian besar senyawa ini terkandunga dalam minyak zaitun. senyawa tersebut berfungsi untuk meningkatkan stabilitas oksidatif dan meningkatkan rasa. Hydrohytyrosol, tyrosol dan beberapa asam fenolik terutama ditemukan dalam minyak zaitun. Isi fenol dan komposisi tertentu dari fenol ini dalam minyak zaitun tergantung pada ketinggian di mana pohon-pohon zaitun tersebut  tumbuh, pada waktu panen dan pada kondisi pengolahan.

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun
Meskipun bentuk buahnya terbilang kecil, namun siapa sangka Zaitun memiliki Manfaat dan khasiat yang sangat besar. Dari segi kesehatan, kecantikan, kuliner bahkan dapat dimanfaatkan untuk urusan rumah tangga misalnya seperti mencegah goresan atau noda pada panci stainless steel. Dapat dicampurkan dengan jus jeruk sebagai pengganti cat mebel kayu. Dan juga bisa untuk memperbaiki ritsleting baju atau celana yang macet hanya dengan mengoleskan pada gigi-gigi ritsleting celana atau baju anda. Hebat sekali bukan khasiat dari minyak zaitun, untuk menfaat serta khasiat lainnya dapat disimak pada uraian di bawah ini.

Menurunkan kadar kolesterol
Menghilangkan keracunan dari makanan
Melembutkan kulit
Dapat digunakan sebagai Foundation
Menghilangkan wajah berminyak dan kering
Menghilangkan ketombe
Sebagai minyak urut/pijat
Memperlambat penuaan dan menghilangkan kerutan kulit
Membuat rambut mengkilap
Mencegah kanker, asthsma, osteoporosis
Untuk mengurangi sakit perut/mules
Mengurangi jerawat/bekas jerawat
Menghilangkan rasa letih/lelah/sakit/pegal pada otot tubuh
Sebagai Body lotion
Menghilangkan bekas makeup
Memperkuat kuku
Dapat digunakan sebagai masker alami
Dapat digunakan sebagai tambahan salad
Maag dan kanker perut
membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke.


Cara Penggunaan Minyak Zaitun
Pemula : 1 x 1 sendok teh per hari dan sebaiknya jangan langsung meminum air putih, kecuali minum jus atau teh atau makan buah atau kue/roti. Setelah biasa boleh dicoba minum 1 s/d 2 sendok makan per hari. Kasiatnya banyak sekali, untuk kecantikan dan kesehatan tubuh maupun tulang. Juga menghilangkan keracunan dari makanan.

Untuk kulit : selain dioleskan ke tubuh, bisa juga untuk mandi, caranya – Bath tub/bak mandi atau ember diisi dengan air biasa sampai penuh, kemudian cam[ur dengan minyak zaitun sebanyak 5 s/d 10 sendok makan. Hasilnya kulit terasa lebiih lembut dan tidak kering, bercahaya serta membuat badan sehat dan segar.

Untuk kulit muka yang berminyak, oleskan sedikit minyak zaitun pada wajah, dan gunakan tissue kemudian tempelkan pada wajah, sehingga minyak terangkat dan sedikit saja tinggal di wajah. Selain itu dapat digunakan sebagai pembersih wajah, sebagai dasar bedak/foundation agar kulit tidak kering. Kulit muka akan terlihat bercahaya alami. Untuk wajah/kulit normal atau kering dapat digunakan 2 s/d 3 kali oles.

Sumber
Wikipedia. Zaitun. http://Wikipedia.Zaitun. Diakses tanggal 12 Maret 2016 pukul 23.00 Wita.
Minyak Zaitun Asli. Kandungan Minyak Zaitun, Gizi, Nutrisi dan Anti Oksidan. Http://Minyakzaitunasli.com. Diakses tanggal 12 Maret 2016 pukul 23.15 Wita.
Zaitun Info. Serba serbi Minyak Zaitun. http://zaituninfo.com. Diakses tanggal 12 Maret 2016 pukul 23.03 Wita.
Materi Pertanian. Morfologi Zaitun. Http://Materipertanian.com. Diakses tanggal 12 Maret 2016 pukul 23. 05 Wita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar