Sabtu, 05 Maret 2016

Makalah Perangkat Lunak Pengolah Kata Microsoft Word

KATA PENGANTAR

Alhamudulillah, Puji Syukur penulis panjatkan atas kesempatan yang diberikan Tuhan sehingga penulis mampu menyelesaikan makalah yang berjudul “Aplikasi Pengolah Kata Microsoft Word”. Dalam pembuatan serta penyelesaian makalah ini tertu tidak terlepas dari berbagai kendala yang terjadi, namun dengan usaha dan kerja keras yang tidak sedikit makalah ini akhirnya mampu penulis sajikan bagi para pembaca yang memang benar-benar berkeinginan untuk mencari ilmu pengetahuan, khususnya di bidang teknologi komputer.
Pada kesempatan kali ini, penulis juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Guru, Orang tua, dan teman-teman yang secara langsung ataupun tidak langsung membantu penulis dalam menyelesaikan pembuatan makalah ini. Kritik dan saran yang sifatnya membangun penyempurnaan isi makalah ini sangat penulis harapkan dan nantikan, agar kiranya nanti dapat menjadi panduan dan acuan pembuatan makalah berikutnya sehingga dapat bernilai lebih dan bermanfaat.
Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.


                                                                            Martapura, 05 Maret 2016


                                                                                   Rosidah Albana



BAB I
PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
Dizaman serba canggih kini tidak terlepas dengan yang namanya teknologi. Setiap hari, setiap saat dan bahkan di setiap sudut selalu berhubungan dengan teknologi. Baik itu anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua juga telah mengenal yang namanya teknologi. Salah satu teknologi yang kerap kali dipergunakan ialah teknologi komputerisasi. Berbagai macam perangkat lunak telah ditawarkan perusahaan-perusahan guna memenuhi keinginan pasar akan teknologi komputerisasi. Misalnya seperti program aplikasi pemutar video, musik, game, akuntansi, drawing dan program-program perkantoran lainnya.
Salah satu program aplikasi perkantoran yang sering digunakan ialah program aplikasi pengolah kata. Yang mana program ini dikhususnya untuk mempermudah pengguna dalam mengolah data yang berupa kata misalnya, surat-menyurat, majalah, artikel, surat kabar, modul dan lainnya. Di pasar perangkat lunak, program pengolah kata banyak sekali ditawarkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan dari sekian banyak perangkat lunak pengolah kata yang telah ditawarkan ternyata Microsoft Word menduduki urutan pertama menjadi perangkat pengolah kata terpopuler saat ini.

1.2   Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam pembuatan makalah ini yaitu :
1)    Untuk mengetahui kelebihan Microsoft Word dibandingkan dengan perangkat pengolah kata lainnya.
2)    Sebagai bahan bacaan dalam rangka menambah ilmu pengetahuan.
3)    Agar pembaca mampu mengoperasikan dasar-dasar perangkat pengolah kata Microsoft Word.
4)    Agar dapat mengetahui fungsi menu dasar yang terdapat di dalam Microsoft Word.
5)    Agar pembaca mampu menerapkan pengetahuan yang didapat sehingga pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat diselesaikan dengan cepat.
1.3   Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada pembuatan makalah ini yaitu :
1)    Bagaimana sejarah dan perkembangan Microsoft Word?
2)    Apa saja yang menjadi kelebihan Microsoft Word dibandingkan yang lain?
3)    Bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Word?
4)    Apa saja menu fungsi dasar yang ada di Microsoft Word?

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1   Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat lunak pengolah kata program pengolah kata perangkat lunak yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, pada perangkat lunak ini terdapat berbagai macam menu dan ikon yang dapat mempermudah anda dalam melakukan pekerjaan, program pengolah kata kita tidak hanya dapat mengolah kata saja akan tetapi dapat juga mengolah angka, maupun gambar.
Ada banyak sekali perangkat lunak pengolah kata yang digunakan secara luas saat ini. masing-masing aplikasi pengolah kata tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dilihat dari sisi fasilitas yang ada maupun untuk membuka file dengan yang lain, kemudian penggunaannya, harga yang ditawarkannya. berapa pengolahan kata yang digunakan secara luas oleh masyarakat adalah Lotus World Pro, Wordperfect, StarOffice Writer, OpenOffice Writer dan terakhir Microsoft Word (Anonim1, 2015).
Adapun macam-macam perangkat pengolah kata akan dijabarkan satu persatu, seperti berikut.
1)    Microsoft Word
Merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft Microsoft dikeluarkan dalam satu paket dengan aplikasi perkantoran lainnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Access dan Microsoft PowerPoint.  Jika kita menginstal Microsoft Office apakah secara otomatis kita akan mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut.
pengertian pengolah kata  contoh pengolah kata  fungsi program pengolah kata  contoh program pengolah kata  macam-macam perangkat lunak pengolah kata  fungsi pengolah kata  pengolah kata microsoft word  software pengolah kataMicrosoft word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh semua orang, Microsoft Word mempunyai kemampuan yang sangat bagus dalam membuat berbagai jenis dokumen mulai dari buku, buku memo, surat, berbagai jenis dokumen-dokumen dan lainnya (Anonim1, 2015).

2)    Star Office Writer
Program ini memiliki kesamaan dengan Microsoft Word, namun ada perbedaannya yakni terletak pada file ekstensinya. Jika, Ms. Word menggunakan file ekstensi *doc, StarOffice Writer menggunakan file ekstensi *odt. Hanya saja file ekstenisi *odt masih bisa dirubah ke *doc. Program StarOffice dapat berjalan di OS Windows dan MC.Os (Apple) (Andriyanto, 2013).
Kelebihan dari staroffice writer adalah punya banyak contoh memo surat resume faksimili dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan dengan cara memanfaatkan contoh-contoh tersebut harga yang murah dan memudahkan pengguna dengan tampilan dan fitur-fitur yang ada di jendela yang sudah staroffice writer yang sudah biasa tentu tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan staroffice write (Anonim1, 2015).

3)    Lotus Word Pro
Lotus word Pro dan Lotus word Pro ini merupakan aplikasi untuk pengolah kata yang dikeluarkan oleh IBM, aplikasi ini dikeluarkan berbarengan dengan aplikasi office lainnya yang dikenal dengan nama Lotus smartsuite. Aplikasi yang termasuk dalam paket Lotus smartsuite adalah Lotus word Pro Lotus 123 Lotus freelance graphic Lotus approach Lotus organizer Smartcentre Lotus Smart Suite adalah aplikasi yang dapat dijalankan di sistem operasi windows.
Kelebihan yang dimiliki oleh Lotus word Pro adalah kemampuannya untuk mempertukarkan file file dokumen dengan Microsoft Word. Ini menunjukkan bahwa file dokumen yang dibuat Lotus Word dapat dibuka dan diedit dengan menggunakan Lotus word Pro dan  demikian juga sebaliknya, Lotus word Pro juga dapat membuka file file Microsoft Word aplikasi pengolahan kata lainnya (Anonim1, 2015).
 

4)    Open Office Writer
Open Office writer sebuah aplikasi pengolah kata yang dapat di download di www.openoffice.orgaplikasi yang bersifat open source dan menggunakannya secara gratis alias free gratis meskipun gratis tapi aplikasi ini tidak bisa dipandang sebelah mata aplikasi kelebihan dari aplikasi aplikasi Open Office writer itu dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi seperti Mac OS Windows Solaris dan Linux (Anonim1, 2015).
Hampir sama dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi) , sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur  bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat (Andriyanto, 2013).


5)    Abi Word
Abi Word juga dikembangkan dengan lisensi GPL, sehingga software ini adalah software Open Source/freeware. Abi Word bisa di download langsung secara gratis di situs resmi http://www.abiword.com.

6)    Kword
KWord memiliki kesamaan dengan Open Office dan Abi Word, yakni sama-sama berlisensi GPL. Aplikasi ini dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis Linux. Program KWord dapat berjalan di OS Windows, Linux dan MC.OS

7)    Atlantis Word Processor
AtlantIs Word Processor memiliki kesamaan tampilan dengan Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung file ekstensi, Document (*doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan Standart Text (*txt).

8)    Wors Star
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, Software ini sempat populer pada awal 1980-an. Bahkan  Wordstar  hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan yang namanya Mesin Ketik kala itu. Saat ini Word Star sudah tidak digunakan lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.
  
9)    Corel Word Perfect
Word Perfect merupakan aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan pada OS. Windows ).  WordPerfect memiliki kelebihan seperti kode streaming arsitektur,  Reveal Codes fitur, dan sangat user-friendly makro untuk bahasa scripting,. Program Word Perfect juga mampu membaca file dari Ms. Word (Andriyanto, 2013).
Wordperfect versi terakhir adalah perfect office X3 yang bisa dijalankan di sistem operasi windows XP Windows 2008 Windows 98 yang sudah di update namun Corel wordperfect ini mempunyai kekurangan yang mana perfect office X3 membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi yaitu processor Pentium 3 atau sederajat dengan memori 128 MB. Dari segi penggunaannya, penggunaan yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word tidak akan mengalami kesulitan saat menggunakan word perfect office X3. Karena pengguna dapat mengatur sebuah tampilan yang dia inginkan jika kita ingin belajar tentang office X3 maka kita akan memperoleh bantuan secara online (Anonim1, 2015).

10) Chi Writer
Chi Writer adalah program pengolah kata yang cukup bisa diandalkan untuk pengetikan bidang teknik, matematika, dan fisika. Mampu untuk memperlebar lavar sampai 254 kolom dan tersediannya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA. Kelemahan software ini adalah memiliki tampilan yang kurang menarik dan editor lebih berorientasi pada aspek kecepatan dan interaktif mengedit,bukan pada tampilan visual hasil (Andriyanto, 2013).

11) Kingsoft Writer
Tampilan program Kingsoft office ini mirip sekali dengan program microsoft office 2003. Anda yang masih setia menggunakan Ms Office 2003 akan merasa tidak asing lagi dan merasa familiar dengan Kingsoft office, karena memang tampilan serta menu-menu yang ada mirip sekali dengan Ms Office 2003. Dan jangan kawatir dengan file-file docx, xlsx, pptx akan masih bisa dibuka menggunakan dengan program Kingsoft ini. File-file yang dibuka menggunakan program kingsoft office ini akan berada pada tab-tab.

Apabila kita telaah lebih lanjut, sebenarnya perangkat lunak pengolah kata masih banyak macam dan versinya. Namun, pada pembahasan makalah kali ini hanya sebagian saja yang dijelaskan satu persatu.

2.2   Microsoft Word
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ada banyak sekali aplikasi pengolah kata seperti Wordperfect, Open Office Writer dan Microsoft word. sejumlah perusahaan perangkat lunak saling bersaing dengan menawarkan berbagai kelebihan. Salah satu program aplikasi yang banyak digunakan masyarakat umum saat ini adalah program aplikasi pengolah kata Microsoft word yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dimiliki Bill Gates Hal ini bentuk dipengaruhi oleh banyak fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh Microsoft Word yang mana kelebihan ini tidak dimiliki oleh aplikasi pengolah kata yang lain beberapa alasan mengapa Microsoft Word banyak digunakan oleh masyarakat.
Merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft Microsoft dikeluarkan dalam satu paket dengan aplikasi perkantoran lainnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Access dan Microsoft PowerPoint.  Jika kita menginstal Microsoft Office apakah secara otomatis kita akan mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut.
Microsoft word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh semua orang, Microsoft Word mempunyai kemampuan yang sangat bagus dalam membuat berbagai jenis dokumen mulai dari buku, buku memo, surat, berbagai jenis dokumen-dokumen dan lainnya.
Selain itu Microsoft Word dapat digunakan dengan cara mudah dengan kata lain "user friendly"  Karena Microsoft Word dilengkapi dengan tampilan berupa grafis yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu menu yang membuat kita bekerja dengan sangat mudah (Anonim1, 2015).

2.3   Sejarah Microsoft Word
Sejarah Microsoft Office Sesuai dengan namanya, software ini diproduksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010 dan Microsoft Office 2013.
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2007 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang (Rizali, 2015).

2.4   Perkembangan Microsoft Word
Sebagai perusahan perangkat lunak terbesar di dunia, Microsoft Corporation tentu saja melakukan beberapa riset dan perbaikan di sana-sini guna memberikan kenyaman dan kemudahan para pengguna perangkat lunak yang mereka produksi. Adapun perkembangan yang terjadi selama awal perilisan perangkat lunak Microsoft office hingga sekarang, dijabarkan sebagai berikut.
1)         Microsoft Office 3.0 Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.
2)         Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2 Microsoft Office 4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail. Firman itu disebut Word 6.0 sebagai sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan 5 (Excel dan PowerPoint sudah bernomor sama dengan versi Macintosh).
3)         Microsoft Office 95 Dirilis pada bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket – setiap program yang disebut versi 7.0 kecuali Word. Ia dirancang sebagai sebuah versi 32-bit sepenuhnya cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM, juga termasuk Bookshelf.
4)         Microsoft Office 97 Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
5)         Microsoft Office 2000 Pada versi ini bayak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation.
6)         Achmad Rizali | Makalah Microsoft Office Word 4
7)         Microsoft Office XP (2002) Dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode.
8)         Microsoft Office 2003 Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya.
9)         Microsoft Office 2007 Dirilis pada tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan toolbar yang telah menjadi landasan Office sejak awal dengan toolbar tab, yang dikenal sebagai Pita; baru format file berbasis XML yang disebut Open Office XML, dan masuknya Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif.
10)     Microsoft Office 2010 Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.
11)     Microsoft Office 2013 (Versi 15) Merupakan versi terbaru Microsoft Office yang akan dirilis berbarengan dengan peluncuran Windows 8. Sampai saat ini Microsoft Office 2013 masih dirilis dalam versi Beta. Rencananya akan dirilis sekitar tahun 2013 (Rizali, 2015).
12)     Microsoft Office 2016
Microsoft Office 2016 (dengan nama sandi Office 16) adalah versi dari paket aplikasi perkantoran Microsoft Office, menggantikan keduaOffice 2013 dan Office untuk Mac 2011. Ini dirilis untuk OS X pada tanggal 9 Juli 2015 untuk pelanggan Office 365. Tanggal rilis resmi untuk Microsoft Office 2016 adalah 22 September 2015. Sebuah rilis pratayang untuk versi Windows diumumkan pada konferensi Ignite di Chicago pada bulan Mei 2015 dan dalam versi beta tersedia untuk pengguna Office 365 untuk mencoba atau untuk mengunduh sebagai percobaan beta (Wikipedia, 2016).

2.5   Tampilan Dasar Microsof Word

Tampilan Microsoft Office Word 2013

Gambar di atas merupakan tampilan Microsoft Word versi 2013. Dari tampilan tersebut dapat dilihat bagian-bagian tampilan yang menjadi dasar dalam pengaturan dan pengoperasian data seperti Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, View Toolbar, Vertikal Scroll bar, dan Text Boundaris. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada pembahasan berikut.
TITLE BAR : berisi nama file yang sedang Aktif (dikerjakan), serta tombol menampilkan (Maximize), atau menyembunyikan jendela program (Minimize), dan menutup program (Close).
OFFICE BOTTON : berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan pembuatan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya.
QUICK ACCESS TOOLBAR : berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open dan Save.
MENU BAR : berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya.
RIBBON : berisi perintah-perintah khusus yang merupakan sub menu dari Menu Bar yang terdiri dari icon-icon perintah editing, formating dan lain-lain.
RULLER : merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
VERTIKAL SCROLL BAR : berfungsi untuk menggulung lembar kerja, bila Anda mengerjakan dokumen lebih dari 1 halaman, vertikal scroll bar ini sangat membantu untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain.
TEXT BOUNDARIS: adalah garis pembantu sebagai tanda batas pengetikan kiri kanan dan atas, atau sering disebut margin (garis tepi).
STATUS BAR : baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, Baik informasi halaman (page), Jumlah halaman, kata, huruf, (word) (Rizali, 2015).


BAB III
PEMBAHASAN
3.1   Microsoft Office Word
Microsoft Word bukan perangkat lunak yang berdiri sendiri melainkan perangkat lunak yang tergabung di dalam Microsoft Office yang terdiri atas beberapa perangkat lunak lainnya seperti Microsoft Office Excel, Microsoft Office Power Point dan lain-lain. Microsoft Office Word merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata terpopuler di dunia yang diproduksi oleh Microsoft Corporation pada 04 April 1975, dan pada saat itu dipimpin Bill Gates dan Paul Allen. Dalam perjalanannya Microsoft Office Word telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, diawali dengan peluncuran Microsoft Office 3.0 pada tahun 1992 hingga versi terbaru yaitu Microsoft Office 16 pada tahun 2016.
Kadang di pikiran kita terlintas suatu pertanyaan, mengapa Microsoft Word begitu populer dibanding dengan perangkat lunak pengolah kata lainnya? Setelah ditelaah lebih lanjut ternyata kelebihan yang ditawarkan Microsoft Word menjadi point penting untuk menarik pengguna agar tetap setia menggunakan perangkat lunak yang mereka tawarkan. Diantaranya tampilan Microsoft Word yang berbentuk Ribbon memudahkan pengguna mencari menu dan ikon dalam mengelola file, tersedianya fasilitas auto recovery yang berfungsi menyimpan hasil pekerjaan kita apabila terjadi kerusakan file ataupun listrik yang padam tiba-tiba, dapat digunakan untuk mengirim email dan fax, serta lebih variatif dalam menyisipkan objek seperti gambar, tabel, hyperlink, grafik serta memiliki keragaman jenis dan ukuran teks tulisan.

3.2   Operasi Dasar Microsoft Word
Operasi dasar dalam menggunakan Microsoft Word diantaranya yaitu menjalankan program Microsoft Word, membuka lembar kerja baru, menyimpan lembar kerja, membuka lembar kerja yang telah disimpan, menutup lembar kerja dan menutup program Microsoft Word. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada uraian berikut.
A.        Menjalankan Program Microsoft Word
Pada pembahasan ini penulis menggunakan Microsoft 2013 dengan windows 8.1. adapun cara menjalankan program Microsoft Word, yaitu :
·      Klik menu star
·      Arahkan kursor ke tombol search
·      Ketik word 2013 pada teks box
·      Klik ikon word 2013
·      Program aplikasi telah berhasil dijalankan
  
B.        Membuka Lembar kerja Baru Microsoft Word
Untuk membuka lembar kerja baru pada Microsoft Word, hal yang pertama dilakukan setelah program aplikasi dijalankan ialah mengaktifkan menu File, kemudian klik menu new dan pilih Blank Document. Tampilan lembar kerja Microsoft Word telah tersedia.

C.       Menyimpan lembar kerja
Cara menyimpan lembar kerja Microsoft Word dapat dilakukan dengan du acara. Pertama dengan menu Save dan kedua menu Save As. Kedua menu tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan lembar kerja, namun pada menu Save As, lembar kerja yang disimpan dapat diubah format serta nama file lembar kerja tersebut. Cara menyimpan lembar kerja Microsoft Word yaitu dengan mengaktifkan menu File, pilih menu save atau save as, pilih direktori penyimpanan, ubah nama file sesuai keperluan dan yang terkahir tekan tombol save untuk menyimpan lembar kerja tersebut.

D.       Membuka lembar kerja yang telah disimpan
Setelah lembar kerja berhasil disimpan, maka untuk kembali membuka lembar kerja tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut :
·           Aktifkan menu file
·           Pilih menu open
·           Pilih diktori atau tempat penyimpanan file tersebut
·           Klik file dokumen/lembar kerja yang akan dibuka
·           Pilih tombol open
·           Maka lembar kerja yang kita pilih sudah dapat terbuka

E.        Menutup lembar Kerja Microsoft Word
Untuk menutup lembar kerja Microsoft Word dilakukan dengan cara mengaktifkan menu file, kemudian pilih menu close. Maka, lembar kerja telah tertutup tanpa menutup program tersebut.

F.        Menutup Program Microsoft Word
Ada dua cara untuk menutup Program Microsoft Word. Pertama klik Ikon (x) berwarna merah atau abu-abu (tergantung warna tema tampilan Microsoft Word) yang berada di pojok atas kanan tampilan Microsoft Word. Cara yang kedua dengan mengaktifkan menu file, kemudian pilih exit Word (hanya berlaku untuk Microsoft Word 2010 dan 2007).

3.3   Fungsi Menu Microsoft Word
Secara keseluruhan Fungsi menu Microsoft Word ditampilkan dalam bentuk ribbon (menyerupai pita) yang terdiri dari beberapa group perintah. Setiap Group perintah terdiri dari beberapa fungsi Ikon yang memudahkan kita dalam mengoperasikan data yang akan dibuat. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan di bawah ini.


1)      File
Berisi menu Perintah utama yang berhubungan langsung dengan program Microsoft Word, seperti membuka lembar kerja baru, membuka lembar kerja yang sudah disimpan, serta menutup lembar kerja dan program.
2)      Home
Menu tab Ribbon Home berfungsi untuk mengatur serta mengedit hal-hal yang berhubungan dengan teks. Misalnya mengganti jenis huruf, memberi warna serta mengubah ukuran huruf teks. Tab menu Ribbon Home terdiri dari beberapa group perintah yaitu Font, paragraph, style dan editing.
3)      Insert
Menu ini berfungsi untuk menyisipkan atau menambahkan objek. Baik itu berasal dari program Microsoft Word itu sendiri ataupun dari program lain. Seperti picture, tabel, clip art, word art, teks box, smart art excel spearshet dan banyak lagi. Group perintah yang terdapat pada Menu Tab Ribbon Insert yaitu tabel, Ilustrations, add-ins, media, comment, header & footer, text serta symbols.
4)      Design
Pada menu kali ini hanya tersedia pada Mirosoft Word 2013. Menu ini berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja agar telihat lebih menarik. Seperti pemberian warna lembar kerja, penambahan border, watermark dan lain sebagainya. Dan ada beberapa ikon menu yang juga terdapat di Microsoft word versi terdahulu.
5)      Page layout
Menu Tab Ribbon Page Layout berfungsi untuk mengatur lembar kerja seperti ukuran margin, ukuran kertas dan lainnya. Group perintah yang terdapat pada menu ini yaitu group Page Setup, Paragraph dan Arrange.
6)      References
Berisi fungsi-fungsi yang berkaitan dengan penulisan kepustakaan. Seperti Bibliography dan footnote (catatan kaki). Menu ini terdiri atas group table of contents, footnotes, citations & Bibliography, captions, index dan Table of Authorities.
7)      Mailings
Menu ini sering digunakan untuk pembuatan surat berantai atau masal. Dimana pada satu dokumen bisa dikirim ke banyak orang. Baik itu dalam bentuk cetak ataupun email. Group yang terdapat di menu ini yaitu group create, start mail merge, write & insert Fiels, prview resylts dan Finish.
8)      Review
Menu review terdiri dari group proofing, language, comments, tracking, changes, compare dan protect.
9)      View
Menu tab ribbon view berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja seperti besar kecil tampilan, tampilan layout, menampilkan ruler pada lembar kerja dan lain sebagainya.

BAB IV
PENUTUP
4.1   Kesimpulan
Dari uraian yang telah dibahas di atas, dapat penulis simpulkan bahwa Microsoft Office Word merupakan salah satu perangkat lunak paling populer yang berfungsi untuk mengolah kata yang diproduksi oleh Microsoft Corporation. Adapun kelebihan-kelebihan Microsoft word dibanding pengolah kata yang lainnya yaitu adanya fungsi auto recovery, dapat dipakai untuk mengirim email ataupun faksimili, serta fungsi pewarnaan dan jenis tulisan yang lebih variatif.
Fungsi menu dasar yang terdapat dalam Microsoft Word dapat dibagi menjadi Menu tab ribbon home, insert, design (untuk versi 2013 ke atas), page layout, references, mailings, review dan view. Setiap menu tab ribbon terdiri dari beberapa Group perintah yang berisi ikon-ikon perintah yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikan program Microsoft Word.

4.2   Saran
Saran yang bisa penulis sampaikan dalam makalah ini yaitu pandai-pandailah dalam memilih perangkat lunak yang akan digunakan. Jangan sampai penggunaan perangkat lunak tersebut disalah fungsikan sehingga fungsi asli perangkat tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal.


DAFTAR PUSTAKA

Andriyanto, Oki. 2013. Macam-Macam Aplikasi Pengolah Kata. https://okiandriyanto.wordpress.com. Diakses tanggal 05 Maret 2016 pukul 22.00 Wita.
Anonim1. 2015. Perangkat Lunak Pengolah Kata. http://www.pintarkomputer.org/. Diakses tanggal 05 Maret 2016 pukul 22.05 Wita.
Mukti. 2012. Download Software pengolah kata Kingoffice. http://mukti16.blogspot.co.id. Diakses tanggal 05 Maret 2016 pukul 22.07 Wita.

Rizali, Achmad. 2015. Makalah Microsoft Office Word. Teknik Informatika. STMIK KBA.


Versi lengkap (Cover, Kata Pengantar, daftar isi, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Pembahasan, Penutup dan daftar pustaka ) dalam bentuk MS word bisa di download disini (Password : rosidahalbana)

2 komentar:

  1. Selamat malam dan salam kenal, saya senang anda telah mengutip dari artikel ini dari blog saya, dan saya dari admin pintarkomputer.org meminta untuk mengaktifkan link http://www.pintarkomputer.org/ , terimkasih

    BalasHapus